Sunday, September 16, 2012

Standar Menentukan Fasilitas Hotel Berbintang

 Standar Menentukan Hotel Berbintang




        Seberapa sering Anda menginap di Hotel? Bisa jadi saking seringnya anda hanya tahu rating (bintang) sebuah hotel anya dari logo yang dipasang, padahal ada beberapa hal yang dapat menjadi ukuran yang perlu diketahui tentang rating hotel. Perlu diketahui, pemberian rating untuk hotel tidak hanya berdasarkan besar dan luasnya bangunan. Fasilitas yang obyektif dan jasa yang disediakan oleh masing-masing hotel menajdi variabel yang akan dinilai.

Ringkasan berikut semoga memberikan gambaran kepada Anda bagaimana mengategorikan sebuah hotel.

Bintang 1 :
- Merupakan sebuah hotel kecil yang dikelola serta dioperasikan yang biasanya oleh pemiliknya langsung. Suasana di dalam sangat pribadi dengan akomodasi sangat standar.
- Mayoritas staf melayani makan sehari-hari seperti sarapan, makan siang dan malam. Namun hanya khusus sarapan pagi, Anda bisa mendapatkannya gratis. Sarapan sendiri juga ada dua pilihan, disajikan di ruang makan hotel atau hanya di kamar tidur.
- lokasi untuk hotel bintang satu biasanya terletak di kawasan yang ramai dan memiliki transportasi umum yang dekat serta hiburan dengan harga yang masuk akal.
- Untuk kualitas kebersihan, pemeliharaan, perhotelan, fasilitas dan layanan sangat minimum.

Bintang 2 :
- Hotel dengan klasifikasi bintang dua ini umumnya bagian dari sebuah rantai yang menawarkan kualitas yang konsisten dengan fasilitas terbatas.
- Meski ukuran kamar kecil atau menengah, namun berbeda dengan bintang satu, kamar memiliki telepon dan televisi. Tidak akan ada kemudahan akses pelayanan restoran dari kamar, namun mereka memiliki sebuah restoran kecil di lokasi hotel.
- Layanan sopan, tempat tidur terpelihara dengan baik serta adanya sarapan dengan tingkat perawatan yang terjamin baik.
- Restoran atau ruang makan sehari-hari melayani sarapan hingga makan di tengah malam.

Bintang 3 :
- Biasanya berlokasi dekat tol, pusat bisnis dan atau daerah perbelanjaan, hotel ini menawarkan layanan terbaik, kamar yang luas dan lobi yang penuh dekorasi.
- Semua kamar dan restoran atau ruang makan terbuka kepada penduduk sekitar dan yang merupakan pelancong. Semua furniture baik di dalam kamar maupun di luar menggunakan kualitas terbaik.
- Para staf yang bertugas terlihat rapi dan professional.
- Restoran biasanya menawarkan hidangan diatas rata-rata pada saat sarapan, makan siang dan makan malam. Makanan yang disajikan saat sarapan benar-benar baru dimasak saat akan disantap.
- Fasilitasnya terdiri dari valet parking, housekeeping, sebuah pusat kebugaran dan kolam renang ukuran kecil.

Bintang 4 :
- Para staf di bintang hotel empat akan lebih profesional menanggapi kebutuhan atau permintaan Anda, dan umumnya mereka sudah diberikan pengarahan dapat memberikan informasi mengenai pariwisata di sekitar hotel.
- Restoran atau ruang makan terbuka untuk penduduk sekitar dan yang bukan penduduk asli. – Kamar di hotel berbintang empat mulai sudah dibagi sesuai fasilitas yang akan didapatkan. Seluruh kamar hotel yang disediakan memiliki kamar mandi pribadi di dalamnya.
- Tempat tidur dan furniture yang tersedia di hotel berkualitas tinggi.
- Saat sarapan, akan ditawarkan pilihan yang lebih beragam dari bahan-bahan segar untuk dimasak dan disajikan dengan tingkat perawatan yang cukup tinggi.
- Bangunan hotel cukup besar dengan layanan terkemuka. Biasanya akan ada hotel lain yang dengan kaliber yang sama berkumpul di dekatnya, serta pusat perbelanjaan, restoran dan hiburan.
- Pelayanan kamar berada di atas rata-rata, seperti restoran, housekeeping, valet parking, pusat kebugaran dan seorang concierge yang selalu siap berada di pintu utama.

Bintang 5 :
- Hotel ini menawarkan akomodasi termewah dengan berbagai fasilitas tambahan dan layanan multibahasa yang tersedia.
- Para tamu akan disambut di pintu masuk hotel, diberikan welcome drink dan daftar anggur yang bisa dipilih untuk Anda minum saat berada di dalam kamar.
- Kesadaran akan kebutuhan para tamu menjadi prinsip nomor satu untuk hotel bintang lima. Semua kamar tidur memiliki kamar mandi pribadi.
- Tempat tidur dan perabot lainnya di dalam kamar merupakan kualitas no 1. Selain itu tiap kamar dilengkapi dengan linen kualitas, VCR, CD stereo, bak mandi jacuzzi dan ruangan video.
- Ada beberapa restoran di lokasi dengan ruangan luas, menu gourmet dan layanan antar ke kamar selama 24 jam dalam seminggu.
- Semua pilihan menu makanan, termasuk saat sarapan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan segar.
- Fasilitas lainnya ada sebuah pusat kebugaran, valet parking, dan service dari concierge dengan pengalaman matang.
Sumber : Media Indonesia

0 comments:

Post a Comment