Saturday, September 8, 2012

Selvedge Denim

Ini Nih Bro Selvedge Denim!

Selvedge Denim, disebut juga Selvage denim, adalah jenis denim yang memiliki keunggulan alami, dimana tepi kain denim tersebut tidak terurai. Biasanya, tepi-tepi selvage itu berlokasi di Outseam celana, sehingga akan terlihat jika celana dilipat bagian bawahnya. Meskipun selvedge denim tidak sepenuhnya identik dengan Dry Denim, kehadiran selvedge denim biasanya menyiratkan bahwa denim selvedge ini adalah denim dengan kualitas yang lebih tinggi.
Kata selvedge berasal dari kata “self-edge” yang berarti membentuk tepu/ujung sendiri. Pembuatan kain denim selvedge ini menggunakan mesin shuttle loom yang lawas. Selvedge denim ini dibuat untuk mengatasi buruknya denim biasa, yang tepi kainnya terurai berantakan dan tidak rapih. Mesin shuttle loom memakan waktu lebih lama dalam membuat sebuah selvedge denim, karena hasil tenun-nya menjadi lebih rapat dan hasilnya selvedge denim lebih berat. Shuttle loom juga membuat selvedge denim menjadi lebih sempit, tidak selebar denim non-selvedge, sehingga untuk membuat sebuah celana jeans, diperlukan selvedge denim sepanjang 3 yard. Untuk memaksimalkan hasil, biasanya para penjahit memakai tepian selvedge tersebut dari pinggang sampai ujung kaki. Sehingga ketika ujung bawah celana dilipat ke atas kira-kira 2 lipatan, maka selvedge-nya akan terlihat.
Sebenarnya, yang lebih dulu muncul di pasaran adalah selvedge denim, kemudian baru regular (non-selvedge) denim. Hal ini dikarenakan, pada jaman dahulu memang mesin untuk membuat sebuah kain denim adalah mesin shuttle loom. Namun, karena proses pembuatan yang lama, dan meningkatnya permintaan denim pada tahun 1950an, maka digunakanlah mesin projectile loom yang bisa lebih cepat membuat denim, lebih lebar, namun tepi kainnya terurai, tidak rapih seperti selvedge denim.
Pake foto aja yaa biar mudah membedakannya..

Selvage Denim                                                                             





Non-Selvage Denim











0 comments:

Post a Comment